RSS Feed

Topologi Jaringan

6

Rabu, 23 Februari 2011 by

Topologi adalah istilah yang digunakan untuk menguraikan cara bagaimana komputer terhubung dalam suatu jaringan.
 
Topologi Star
Dalam Topologi Star, sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi, maksudnya semua komputer mengelilingi Hub pusat yang mengontrol komunikasi jaringan dan dapat berkomunikasi dengan Hub lain.  Batas jarak komputer dengan Hub sekitar 100 meter. Setiap titik koneksi pada jaringan akan berkomunikasi melalui titik koneksi pusat atau konsentrator terlebih dahulu sebelum menuju server. 
topologi star
 
Keuntungan dan kerugian dari jaringan komputer dengan topologi Star adalah :
Keuntungan, paling fleksibel karena pemasangan kabel mudah, penambahan atau pengurangan  stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan yang lain,  dan kontrol yang terpusat karena memudahkan dalam  deteksi dan isplasi kesalahan/kerusakan sehingga memudahkan pengelolaan jaringan.
Kerugian, boros kabel, perlu  penanganan khusus bundel kabel dan kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis.
 •Topologi Linier Bus
Layout ini termasuk layout umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung atau kedua ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator. Masing-masing titik koneksi dihubungkan ke dua titik koneksi lainnya, kecuali komputer di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu titik koneksi lainnya.
topologi bus     
 
Keuntungan dan kerugian dari jaringan komputer dengan topologi Bush :
Keuntungan, hemat kabel, layout kabel sederhana, mudah dikembangkan, tidak butuh kendali pusat, dan penambahan maupun pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan.
Kerugian, deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, kepadatan lalu lintas tinggi, keamanan data kurang terjamin, kecepatan akan menurun bila jumlah pemakai bertambah, dan diperlukan Repeater untuk jarak jauh.  
 
Topologi Ring
Topologi ini mirip dengan topologi Bus, tetapi kedua terminal yang berada di ujung saling dihubungankan, sehingga menyerupai seperti lingkaran. Setiap paket data yang diperoleh diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewatinya. Jika bukan untuknya, paket data dilewatkan sampai menemukan alamat yang benar. Setiap terminal dalam jaringan saling tergantung, sehingga jika terjadi kerusakan pada satu  terminal maka seluruh jaringan akan terganggu. Namun paket data mengalir satu arah sehingga dapat menghindari terjadinya tabrakan
topologi ring
 
Keuntungan dan kerugian dari jaringan komputer dengan topologi Ring adalah :
Keuntungan, hemat kabel, dan dapat melayani lalu lintas data yang padat.
Kerugian, peka kesalahan,  pengembangan jaringan lebih kaku, kerusakan pada media pengirim/terminal dapat melumpuhkan kerja seluruh jaringan, dan lambat karena pengiriman menunggu giliran token.


6 comments

  1. Wahh...

    ini ini pelajaran tingkat tinggi yach hmmmnn kalo aku sich ga' ngerti ama yang beginian hehee..

    BalasHapus
  2. em ...........
    ndag jua kok mas.....
    ini cuman teori dasarnya jaringan tok jadi masih gampang ......

    BalasHapus
  3. wahh keren nih tutuorialnya lengkap juga, jadi mau praktekin sekalian belajar, terimakasih ya sudah berbagi ilmu dan salam sahabat.

    BalasHapus
  4. ia sama" sobat ........!!
    thanks atas komentar yang anda berikan !!!

    BalasHapus
  5. @Achmad ; Oughh...

    cuman teori dasar, tapi tetep aku ga' ngerti hehee

    mampir sini yach mass

    BalasHapus